Apple Cake

Halloooo semuaaa....

Sebenernya udah lama bikin cake ini cuma males banget mau posting ke blog. Kalo nggak salah tanggal 23 Febuari 2011 kemarin. Maunya bikin carrot cake, resepnya untuk kedua cake ini aku nyontek di cakefever.com punya Mbak ferona. Makasih buat resepnya ya mbak, hehehee....Appapun yang kubaca disana menginspirasi banget...Mbak Fe pake resep dari Smitten Kitchen yang diganti apelnya dengan apel Malang.

Balik ke cerita pembuatan cake ini yaa....Cake ini bener-bener cake buah, bukan pake esense buah lho. Aku pake apel malang juga, ada rasa kecut seger. Diresep juga terdapat penambahan orange juice. Jadi belum-belum sudah ngebayangin ini cake pasti berasa seger gitu, ga' neg lah. Dari segi aromanya pasti enak karena menggunakan cinnamon yang dicampurkan ke dalam potongan apel dan gula.

Setelah mempersiapkan semua bahan, mulailah memprosesnya buat jadi cake. Sejauh ini siii nggak ada kendala apapun, baik-baik saja dan lancar jaya. Dari penampakan adonan juga oke lah...narsis dikit gak papa khan? Setelah kelar dimixer sampai bener2 rata, aku tuang di loyang ciffon...hmmm, aman. Masukkin oven...sambil was-was liat dari kaca oven....hikhiks ternyata adonannya ngrembes dr bawah loyang...duuuhhh, kenapa nggak ngelapis pake alfoil ya dr yang pernah aku baca karena loyang ciffon ini kan bisa dibuka bawahnya, jadi kalo semisal takut bocor lebih baik dilapis pake alfoil ajja....lhaaaaa makanya tooo jadi org jangan sok aman terus gitu..*sambil tepuk jidat...
Buat ngatasin biar oven nggak bau gosong, akhirnya dibawah loyang ciffon ini aku kasih loyang datar biar adonan yang bocor tidak smp kebawah2 dan menimbulkan bau gosong....It's work. Tinggal nunggu cakenya mateng...lama banget  1,5 jam. Udah nggak tahan ama aroma yang ditimbulkannya. Kayak apple pie..secara ada apel dan cinnamonnya..:). Belum sampai 1,5 jam aku coba test tusuk..karena bagian atas dari cake sudah brownie gitu...ovenku gak ada pengatur yang api bawah ajja, pilihannya cuma off, api atas, api atas bawah dan grill...Waktu itu belum rajin2 baca juga di milis NCC,ada yang share trik mengatasi hal tersebut. Hasilnya udah nggak ada adonan yang ngikut waktu test tusuk. Langsung ajja aku keluarin dari oven takutnya malah gosong bagian atasnya kalau aku terusin oven sampe 1,5 jam, cuma lupa nyatetin smp berapa jam waktu itu.
Nggak sabar pingin nyobain nii...aromanya duuuh bikin ngiler....sabaaarr. Dan kesabaran membuahkan kenikmatan...hmmm, moist banget cakenya, apelnya ada ditengah-tengah kue dan diatasnya. bener bayangan semula, cake ini gak neg dan seger. Oh ya, gula yang ada di resep aku kurangin 1/2cup karena gak suka terlalu manis....
Monggo dinikmati fotonya ya...buat yang males bikin ato nggak bisa bikin bisa pesen ke aku kok...hehehheeee. saking lahapnya sampe lupa foto yang potongannya..ntar kalo bikin lagi aku foto per slicenya ya, biar keliatan apel yang ditengah cake...

0 comments:

Posting Komentar