Bolu Gulung Ketan Hitam


Mengobati rasa penasaran setelah berulang kali Ibu Guru tercinta post resep aneka macam bolu gulung. Bolu gulung ketan hitam...gimana yaaa rasanya, secara belum pernah bikin cake ato makanan dari tepung ketan hitam. Sudah lama sebenernya ada keinginan mencobanya tapi selalu nggak pernah nemuin sang tepung ketan hitam ini. Kebetulan selang beberapa hari resep di share ibu guru, ada acara "Baking & Cooking With Arvian" yang kebetulan pada tanggal 28 Mei 2011 kemarin ikut disalah satu sesi kursus gratisnya, dan kebetulan juga nemu tepung ketan hitam ini. Dibelilah si tepung...dan direalisasikan keesokan harinya.
Buat pertama nggak usah modif2 reseplah...plek ketiplek resep Bu guru. Lupa kalo sudah diralat pakai loyang 24x24x4cm...masih pake 22x22x4cm secara nggak punya juga loyang 24. ternyata kebanyakan juga, sisanya masuk ke loyang cupcake ajja lah....
Berikut aku ketik ulang resep dari Bu Guru tercinta

Bolu Gulung Ketan Hitam
Penulis: Fatmah Bahalwan

Bahan A:
3 btr      telur utuh
3 btr      kuning telur
100gr   gula pasir
1 sdt     cake emulsifier

Bahan B:
75 gr    tepung terigu
50 gr    tepung ketan hitam

Bahan C:
50 gr    mentega dilelehkan
1 sdt pasta coklat

Bahan polesan: 50 gr buttercream, siap pakai

Cara Membuat:
1. Kocok bahan A hingga kental, masukkan bahan B aduk rata (atau kocok dengan kecepatan rendah). Tuang bahan C, aduk balik hingga rata.
2. Tuang adonan ke dlam loyang 24x24x4cm hingga 3/4 penuh, panggang dalam oven selam 25 menit atau sampai matang dengan permukaan kering.
3. Angkat, dinginkan.
4. Balik diatas kertas roti, poles dengan buttercream tipis dan rata. Segera gulung.


Adonannya kental banget, dan udah merasa sukses lah tinggal ngeliat hasil gulungnya. Berhubung dirumah lagi nggak ada buttercream, yaaa akhirnya dimanfaatkan ajja bahan yang tersedia. Kali ini pake filling selai blueberry yang ternyata setelah diicip...asyik perpaduannya. Setelah oles tipis2 filling, naaaaaah ini diaaa tahapan yang mendebarkan. Hahahaaa lebay banget yaaa....sejak ngeliat Ibu Guru Cantik menggulung bolu di Kursus Cake dasar, jujur ilmu  menggulung bolu yang didapet belum pernah dipraktekin. Hmmm....Bismillah, tekuk sedikit diujung cakenya, dan tarik dech kertas rotinya...bukan menggulung cakenya yaaa. Mak nsruuuut, ajaaiiib lho...nggulung sendiri..hahahhaaa...rapatkan, halah apa yaaa bahasa yang tepat?? Padatkan dengan menggunakan penggaris...gulung kertas rotinya dan biarkan agak dingin, kemudian potong2 dech. Dan hasilnyaaa...seperti resep Bu guru yang lainya, dan pastinya..Mak nyuuuussss banget. Ada rasa krenyes2nya dari tepung ketan hitamnya..dipadu dengan selai blueberry kegemaran orang serumah...paaasss mantab. Cocok niii buat salah satu isian snack box pesenan minggu depan.
Terimakasih sharing resepnya Ibu guru Cantik....Penampakannya ada di foto diatas ya, dan bagi yang pingin membuktikan cerita ini, jangan sungkan2 pesen ya..hihihiiiii...

0 comments:

Posting Komentar